PERANCANGAN APLIKASI E-REPORT PENGADUAN MASYARAKAT PADA KANTOR PDAM TIRTA ANOA KOTA KENDARI BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v8i2.319Keywords:
Android, PDAM, Kota KendariAbstract
Berdasarkan data yang diperoleh dari PDAM Tirta Anoa Kota Kendari pada tahun 2022 di bulan desember ada 1.890 kasus pengaduan masyarakat berdasarkan laporan yang telah di terima, ada sekitar 70% kasus-kasus PDAM Kota Kendari disebabkan oleh pengaliran air. PDAM Kota Kendari ini masih memiliki beberapa kendala yang harus di atasi yaitu, pelapor masih mengadukan secara offline/manual dan harus datang ke Kantor Induk untuk di proses permasalahannya yang menyebabkan konsumen kesulitan untuk melaporkan jika rumah ke Kantor Pusat yang jaraknya jauh dan melalui telepon, whatsapp yang dilaporkan secara personal sehingga tidak jelas informasi penyelesaian dari permasalahan yang dilaporkan. Tujuan dari penelitian ini adalah Merancang bangun aplikasi E-Report berbasis android untuk pengaduan masyarakat pada Kantor PDAM Kota Kendari. Hasil dari penelitian ini terdiri dari Menu User yang terdiri dari form pengaduan, Sambungan baru, contact Us, Tentang dan Pengumuman, untuk Menu Admin terdiri dari E-Report, Pengaduan, Pelanggan, Pendaftaran, User dan Pengumuman, dan aplikasi tersebut diuji dengan menggunakan metode Black Box. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dapat mempermudah masyarakat dalam melaporkan keluhan yang ada melalui aplikasi E-Report dan juga mempermudah Kantor PDAM dalam menyelesaikan laporan yang diterima.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Iyen Chizuka Amalia, Henny Henny, Astri Yayuk Abriyani Gani, Ilin Sukma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.