SISTEM KONTROL LAMPU MENGGUNAKAN SENSOR SUARA

Authors

  • Cakra Cakra STMIK CATUR SAKTI KENDARI
  • Muhammad Sadly Said STMIK CATUR SAKTI KENDARI
  • Henny Henny STMIK CATUR SAKTI KENDARI

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.218

Keywords:

Mikrokontroler Arduino, sensor suara FC-04, gelombang suara

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi membawa dampak positif dalam kehidupan manusia yang pada saat ini telah sampai pada zaman perintah suara listrik. Untuk dapat mengendalikan alat dengan gelombang suara, sistem kontrol rumah pintar memungkinkan manusia mengendalikan perangkat listrik rumah mereka seperti  lampu  hanya  dengan  menggunakan  perintah  suara  tanpa perlu bergerak berpindah tempat untuk menyalakan atau mematikan suatu peralatan. Saat pengguna lampu dalam ruangan menjalankan sistem atau menyalakan lampu dengan gelombang suara, maka sensor suara mengirim sinyal input ke mikrokontroler yang selanjutnya diproses dengan output mikrokontroler berupa tegangan untuk menyalakan beban, sistem akan berfungsi ketika sensor suara FC-04 mendapat input suara (gelombang suara) berupa sinyal audio microphone kemudian diakumulasikan pada arduino dengan nilai sesuai program yang diupload untuk dijadikan keluaran 5 volt untuk menyalakan/memadamkan lampu, sensor suara FC-04 hanya mampu memberikan signal output digital yang bernilai 1 dan 0, untuk menyalakan lampu dengan jarak jangkauan tertentu ada beberapa hal yang mempengaruhi seperti, pengaturan tingkat sensitifitas sensor suara dan tingkat kebisingan sekitar area ruangan.

Hasil penelitian diperoleh; 1) Pengontrolan lampu dapat berfungsi dengan baik dengan kata kunci “Hei lampu”, diucapkan dengan rekaman suara saat proses pengenalan maka indikator lampu pada alat yang berwarna biru akan menyala, 2) Objek lampu yang akan dikontrol “teras”, “semua”, atau “kamar” dapat berfungsi dengan baik dengan indikator alat berwarnah merah akan menyala, dan 3) Tombol Tekan pada perangkat kontrol berfungsi sebagai kebalikan dari state awal lampu.

Additional Files

Published

01-04-2023

How to Cite

Cakra, C., Sadly Said, M., & Henny, H. (2023). SISTEM KONTROL LAMPU MENGGUNAKAN SENSOR SUARA. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 8(1), 77–82. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.218

Issue

Section

Articles
Abstract View: 891

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>