IMPLEMENTASI METODE SCRUM DALAM SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : TOKO KOPI SINAR)
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v9i1.370Keywords:
SCRUM, sistem informasi penjualan, kebutuhan pelanggan, laporan penjualanAbstract
Pesatnya pertumbuhan warung kopi di Kendari dan sekitarnya mendorong perubahan signifikan dalam pengelolaan dan pelayanan pelanggan. Warung kopi kini tak hanya berfungsi sebagai tempat minum, melainkan juga sebagai pusat pertemuan sosial dan relaksasi. Namun, pertumbuhan ini membawa tantangan dalam menjaga kualitas layanan, efisiensi operasional, dan kepuasan pelanggan. Studi ini berfokus pada Toko Kopi Sinar, yang mengadopsi Aplikasi Kasir Pintar untuk pencatatan transaksi. Meski bermanfaat, aplikasi ini terbatas dalam jumlah transaksi dan fokusnya pada fungsi kasir, menyebabkan antrian panjang saat pemesanan. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan metode SCRUM dalam merancang ulang sistem informasi. SCRUM dipilih karena fleksibilitasnya menangani perubahan kebutuhan dan preferensi pelanggan yang dinamis. Melalui penerapan SCRUM, penelitian ini merancang sistem informasi secara bertahap dengan fokus pada kebutuhan pelanggan dan efisiensi operasional dan juga menggunakan metode use case dan sequence diagram untuk perancangannya. Tujuannya adalah meningkatkan layanan pelanggan, mengoptimalkan manajemen data transaksi, dan meningkatkan efisiensi operasional sesuai perkembangan pasar yang dinamis. Hasilnya berupa berbagai antarmuka termasuk login, admin, kasir, pelanggan, karyawan, menu, pesanan, riwayat pesanan, dan akun. Sistem ini diharapkan mempermudah pelanggan Toko Kopi Sinar dalam memesan dan mempercepat proses antrean.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Sayid Fadil, Ilin Sukma, Muhammad Erman Bani, Henny Henny
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.