RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN COKELAT KOBAR BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS BADAN USAHA MILIK DESA PELITA HIDUP)

Authors

  • Maryetha Ea Universitas Flores
  • Kristianus Jago Tute Universitas Flores
  • Rosalin Togo Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v9i2.823

Keywords:

Sistem Informasi, Penjualan, BUMDes, Cokelat Kobar, Website

Abstract

BUMDes Pelita Hidup Desa Kotowuji Barat merupakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yengbergerak di bidang produksi dan penjualan CokelatKobar. Saat Ini, proses penjualan Cokelat Kobar masihdilakukan secara manual, sehingga mengalami beberapa kendala seperti: Proses pemesanan yang terhambat dan tidak efisien, Keterbatasan informasiproduk dan stok yang tersedia, Kesulitan dalammemantau penjualan dan laporan. Untuk mengatasi kendala tersebut, maka dirancanglah sebuah sisteminformasi penjualan Cokelat Kobar berbasis Website.Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi danefektivitas proses penjualan Cokelat Kobar padaBUMDes Pelita Hidup. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini Studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,wawancara, dan studi literatur. Teknik analisis dat yang digunakan adalah analisis kualitatif. Hasil penelitianmenunjukan bahwa sistem informasi penjualan CokelatKobar berbasis website yang dirancang dapat membantuBUMDes Pelita Hidup dalam mengatasi kendala yang dihadapi. Sistem ini memiliki fitur utama, yaitu:Pemesanan dilakukan secara online, Menyediakaninformasi tentang produk Cokelat Kobar,seperti kategori, harga, dan stok yang tersedia, MemudahkanLaporan penjualan.

Additional Files

Published

03-10-2024

How to Cite

Ea, M., Jago Tute, K., & Togo, R. (2024). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENJUALAN COKELAT KOBAR BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS BADAN USAHA MILIK DESA PELITA HIDUP). Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 9(2), 232–237. https://doi.org/10.51876/simtek.v9i2.823
Abstract View: 5