SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BANTUAN PEMBERDAYAAN UNTUK KELOMPOK PETERNAK SAPI MENGGUNAKAN METODE ARAS (ADDITIVE RATIO ASSESSMENT)

Authors

  • Betrisandi Betrisandi Universitas Ichsan Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v4i1.46

Keywords:

Sistem Pendukung Keputusan, Ternak Sapi, metode ARAS

Abstract

Saat ini program pemerintah bantuan ternak sapi belum optimal dilaksanakan. Hal ini dikarenakan penyaluran bantuan ternak sapi belum mengacu pada kriteria yang ada. Dimana proses penyebaran ternak hanya mempertimbangkan wilayah, pakan dan kriteria lainnya. Diharapkan aplikasi ini dapat bermanfaat bagi pihak yang terkait. Diharapkan Sistem Pendukung Keputusan yang dibuat dapat membantu pihak pengambil keputusan dalam menentukan penerima bantuan ternak sapi . Dalam proses perancangan aplikasi sistem pendukung keputusan penerima bantuan ternak sapi peneliti menggunakan metode ARAS. Metode ARAS (Additive Ratio Assessment)  merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria berdasarkan pada konsep perangkingan menggunakan utility degree yaitu dengan membandingkan nilai indeks keseluruhan setiap alternative terhadap nilai indeks keseluruhan alternative optimal. Sistem pendukung keputusan ini dapat memberikan keputusan alternatif terpilih yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan untuk menentukan Kelompok ternak yang dapat diberikan bantuan. Sistem ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai database.

Additional Files

Published

16-04-2019

How to Cite

Betrisandi, B. (2019). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMA BANTUAN PEMBERDAYAAN UNTUK KELOMPOK PETERNAK SAPI MENGGUNAKAN METODE ARAS (ADDITIVE RATIO ASSESSMENT). Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 4(1), 40–46. https://doi.org/10.51876/simtek.v4i1.46

Issue

Section

Articles
Abstract View: 536