MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Maryam H Dumako Universitas Pohuwato
  • Betrisandi Betrisandi UNIVERSITAS POHUWATO

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v7i2.160

Keywords:

multimedia, pembelajaran interaktif, Pendidikan, teknologi

Abstract

Teknologi sudah banyak digunakan sebagai alat bantu pendukung proses pembelajaran. Pengunaan teknologi juga berdampak langsung dan tidak langsung terhadap cara penyelenggaraan pendidikan yang mengarah pada peningkatan mutu sumber daya manusia. Kesesuaian metode dan media pembelajaran akan membuat proses pembelajaran lebih hidup dikarenakan guru menjadi pusat pembelajaran dapat dikurangi dengan penggunaan media pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir dan juga proses pembelajaran tidak hanya satu arah tetapi lebih kompleks. Adapaun tujuan penelitian ini adalah membuat suatu multimedia pembelajaran yang interaktif sebagai alternatif pembelajaran menyenangkan untuk Sekolah Dasar sehingga menarik minat belajar dan meningkatkan kreativitas siswa dalam berpikir dan dapat meningkatkan kerjasama antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil pengujian dengan Black Box dan pengujian dengan White Box, dengan menggambarkan flowcart dan flowgraph, dari pengujian sistem, ditemukan hasil edge (E) = 6, Region (R) = 2, Predikat Node (P) = 1, dan Node (N) = 6, serta nilai CC.

Additional Files

Published

06-10-2022

How to Cite

Dumako, M. H., & Betrisandi, B. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK SEKOLAH DASAR. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 7(2), 130–134. https://doi.org/10.51876/simtek.v7i2.160
Abstract View: 137