ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KENAIKAN BBM DI INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Authors

  • Paulus Samotana Zalukhu Universitas Tarumanagara
  • Teny Handhayani Universitas Tarumanagara
  • Manatap Sitorus Universitas Tarumanagara

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.177

Keywords:

Algoritma Naive Bayes, Kenaikan BBM, Analisis Sentimen

Abstract

Baru-baru ini masyarakat Indonesia sedang dibuat heboh dengan kebijakan yang akan memangkas subsidi pada harga BBM yang beredar. Hal ini mengakibatkan naiknya harga BBM dan dikhawatirkan akan berdampak pada sektor lainnya. Pada zaman sekarang, masyarakat dapat memberikan opini pada situasi yang sedang terjadi menggunakan media sosial, dimana nantinya diharapkan opini mereka dapat didengar. Untuk itu, analisis sentiment masyarakat terhadap kenaikan harga BBM di Indonesia perlu untuk dilakukan. Hasil analisis ini nantinya diharapkan dapat menjadi bahan acuan untuk penilain dari penerimaan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah. Sentimen analisis ini mengambil 5000 data berupa komentar masyarakat terhadap isu kenaikan BBM dan akan diolah oleh Machine Learning menggunakan algoritma Naïve Bayes

Additional Files

Published

01-04-2023

How to Cite

Zalukhu, P. S., Handhayani, T., & Sitorus, M. (2023). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP KENAIKAN BBM DI INDONESIA PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 8(1), 65–69. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.177

Issue

Section

Articles
Abstract View: 753