ANALISIS SENTIMEN PADA OPINI KENAIKAN HARGA BAHAN BAKAR MINYAK PADA MEDIA SOSIAL TWITTER
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v8i2.207Keywords:
Analisis Sentimen, Twitter, Kenaikan Harga BBM, RapidMiner, Naïve BayesAbstract
Bahan bakar minyak (BBM) adalah salah satu kebutuhan masyarakat di Indonesia. Pada awal September 2022, pemerintah Indonesia mengeluarkan pernyataan penyesuaian terhadap 3 jenis bahan bakar minyak. Pernyataan tersebut mendapat respon yang kurang baik oleh masyarakat di Indonesia, baik penyampaian secara langsung maupun penyuaraan opini melalui media sosial. Twitter adalah salah satu media sosial tempat masyarakat menyuarakan opini, dengan topik kenaikan harga bahan bakar minyak ini akan dilakukan sebuah penelitian analisis sentimen. Tweet akan diklasifikasikan menjadi sentimen positif atau negatif, proses klasifikasi ini menggunakan algoritma Naïve Bayes. Crawling data dilakukan dengan aplikasi Rapid Miner, lalu pemrosesan data dan analisis dilakukan dengan bahasa pemrograman Python dengan bantuan Google Colaboratory sebagai compiler secara online. Hasil dari penelitian ini ditemukan sebanyak 78,13% tweet bersifat negatif dan 21,87% tweet bersifat positif, dengan kata “harga” dan “bbm” adalah kata yang paling sering muncul dalam Tweet yang berbeda.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Windah Maria Sonia Nadiah Hutagalung, Tony Tony, Novario Jaya Perdana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.