SISTEM INFORMASI PRODUK UMKM SEBAGAI COMMUNITY MARKETING PADA DINAS KOPERASI DAN UMKM DI KAB. KONAWE UTARA BERBASIS WEBSITE
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v10i2.1667Keywords:
Sistem Informasi, UMKM, Community Marketing, Website, Dinas KoperasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sistem informasi produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) pada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Konawe Utara sebagai media community marketing berbasis website. Sistem ini dikembangkan untuk mengatasi permasalahan pendataan dan promosi produk UMKM yang selama ini masih dilakukan secara manual menggunakan file Excel. Permasalahan tersebut menyebabkan keterbatasan jangkauan informasi produk UMKM kepada masyarakat luas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tahapan analisis kebutuhan, perancangan sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language), implementasi dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL, serta pengujian menggunakan metode Black Box Testing. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan pelaku UMKM dan pihak terkait di Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Konawe Utara. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi berbasis web yang mempermudah UMKM dalam mengelola dan mempublikasikan informasi terkait produk mereka. Sistem ini menyediakan fitur registrasi, pengelolaan data produk, pengelompokan kategori dan jenis UMKM, serta akses informasi produk bagi masyarakat umum. Pengujian sistem menunjukkan bahwa seluruh fungsi berjalan sesuai dengan perancangan dan kebutuhan pengguna.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Erman Bani, Samsuddin Samsuddin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
