SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN PENENTUAN PENANGANAN SISWA BERMASALAH DI SMAN 1 MOTUI (KONAWE UTARA) DENGAN METODE MULTIFACTOR EVALUATION PROCESS (MFEP)
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v10i1.1535Keywords:
Sistem Penunjang Keputusan, Multifactor Evaluation Process (MFEP), Siswa Bermasalah, SMA Negeri 1 MotuiAbstract
SMA Negeri 1 Motui menghadapi tantangan dalam menangani siswa yang memiliki permasalahan akademik maupun non-akademik. Keputusan terkait penanganan siswa sering kali dilakukan secara subjektif tanpa sistem evaluasi yang terstruktur, sehingga dapat mengakibatkan ketidaktepatan dalam menentukan langkah yang harus diambil. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Sistem Penunjang Keputusan (SPK) yang dapat membantu pihak sekolah dalam menentukan strategi penanganan siswa bermasalah dengan menggunakan metode Multifactor Evaluation Process (MFEP). Metode MFEP diterapkan karena kemampuannya dalam menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan dengan memberikan bobot pada setiap kriteria yang telah ditentukan. Kriteria yang digunakan dalam sistem ini meliputi aspek akademik, perilaku, tingkat kehadiran, serta kondisi psikososial siswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan pihak sekolah serta studi literatur terkait. Pengembangan sistem dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan pengujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem yang dikembangkan mampu membantu pihak sekolah dalam melakukan analisis dan memberikan rekomendasi penanganan siswa secara lebih objektif berdasarkan perhitungan MFEP
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inci Saputri, Muhammad Erman Bani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
