PEMILIHAN PRODUK PROMO MENGGUNAKAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS & SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (AHP-SAW) STUDI KASUS : TOKO BEAUTY KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v9i2.1164Keywords:
Produk, Promo, Analytical Hierarchy Process, Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung KeputusanAbstract
Toko Beauty Kendari dalam melakukan pemilihan produk yang akan dipromo masih dilakukan secara konvensional atau manual yaitu berdasarkan intuisi manajemen dan pemilihan produknya masih dilakukan dengan perhitungan menggunakan Microsoft Excel. Metode seperti ini kurang efisien saat mengelola data dalam jumlah besar, sehingga bisa menyebabkan lambatnya proses pemilihan produk dan berisiko terjadinya human error dalam proses pengolahan data dan hasilnya. Tujuan dari penilitian ini yaitu merancang dan membangun sebuah sistem pendukung keputusan pemilihan produk promo menggunakan metode AHP & SAW pada Toko Beauty Kendari yang nantinya dapat memudahkan toko dalam pemilihan produk yang akan dipromo dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) & Simple Additive Weighting (SAW). Hasil yang didapatkan dari metode tersebut adalah form-form seperti form home, login, data produk, data kriteria, perhitungan bobot (AHP) dan hasil perangkingan (SAW). Untuk membangun sebuah sistem pendukung keputusan dalam pemilihan produk promo, digunakan metode AHP untuk menentukan bobot kriteria dan metode SAW untuk merangking produk. Penggabungan metode AHP & SAW ini menghasilkan keputusan yang lebih terstruktur dan komprehensif sehingga memberikan hasil yang efektif dan efisien.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Wafiq Mutiara Harmin, Henny Henny, Astri Yayuk Abriyani Gani, Ilin Sukma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.