APLIKASI MOBILE BERBASIS ANDROID UNTUK DETEKSI PENYAKIT AUTISME PADA ANAK DENGAN ATURAN DIAGNOSTIC AND STATISTICAL MANUAL (DSM-IV )

Authors

  • Trisno Ilham STMIK Catur Sakti Kendari
  • Muhammad Sadly Said STMIK Catur Sakti Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v2i1.31

Keywords:

Autisme, Aplikasi Mobile, Andorid, diagnostic and statistica manual

Abstract

Saat ini jumlah pertumbuhan anakpenyandang Autisme di Indonesiamenunjukan angka yang semakin besar dantingkat penyebarannya semakin luas, tidakhanya di perkotaan tetapi sampai di desa-desadan daerah yang terpencil. Autismemerupakan salah satu bentuk gangguantumbuh kembang, berupa sekumpulan gejalaakibat adanya kelainan syaraf-syaraf tertentuyang menyebabkan fungsi otak tidak bekerjasecara normal sehingga mempengaruhitumbuh kembang, kemampuan komunikasidan kemampuan interaksi sosial seseorang.Kendala yang sering dihadapi oleh masyarakatkhususnya orang tua dalam mengetahuipenyakit autisme ini ialah kurangnyapemahaman mengenai apa itu autisme dancara penanganannya. Tujuan dalam penelitianini yaitu membuat sebuah aplikasi mobileberbasis android untuk deteksi penyakitautisme pada anak dengan aturan diagnosticand statistical manual (DSM-IV). Denganmembuat sebuah aplikasi mobile berbasisandroid untuk deteksi penyakit autisme padaanak diharapkan dapat membantu masyarakatmengetahui penyakit autisme. Aturan yangdigunakan dalam mendeteksi penyakit autismeialah DSM-IV (Diagnostic and StatisticManual). Sebagai hasil akhir dari penelitianini ialah sebuah aplikasi yang dapatmembantu masyarakat khususnya orang tuadalam mendeteksi penyakit autisme pada anak.

Additional Files

Published

17-04-2017

How to Cite

Ilham, T., & Said, M. S. (2017). APLIKASI MOBILE BERBASIS ANDROID UNTUK DETEKSI PENYAKIT AUTISME PADA ANAK DENGAN ATURAN DIAGNOSTIC AND STATISTICAL MANUAL (DSM-IV ). Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.51876/simtek.v2i1.31

Issue

Section

Articles
Abstract View: 414