ANALISIS KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 DOMAIN SERVICE DESIGN PADA APLIKASI GRAB

Authors

  • Bintang Arjunandi
  • Wildan Zaki Naufala Student of Information System,Amikom University Purwokerto
  • Robi Sabani
  • Muhammad Syaifulloh Almutaqin
  • Ito Setiawan Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.170

Keywords:

Domain Service Design, Information Technology, ITILV3, Framework

Abstract

Grab merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan TI dalam memberikan pelayanan kepada konsumen dengan berbasis website sistem informasi. Layanan yang disediakan yaitu seperti layanan yang disediakan yaitu seperti layanan untuk pembayaran grab, pengiriman paket grab, paket hemat. Namun pada pelaksanaan operasional layanan Teknologi Informasi yang dilakukan Grab ini belum sepenuhnya mengacu pada pengelolaan manajemen Teknologi Informasi. Untuk memaksimalkan kinerja layanan Teknologi Informasi pada Grab, dibutuhkan implementasi insiden dan manahemen masalah dengan kerangkan kerja information technology Infrastructure Library ini merupakan salah satu solusi yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas layanana Information Technology pada Grab. Framework ITIL V3 tang digunakan dalam penelitian ini adalah Domain Service Design. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata maturity level sebesar 3,59. Level tersebut merupakan level yang masuk ke dalam kategiri managed and measurable yang mendeskripsikan sebagai mayoritas proses seluruh subdomain yang ada di aplikasi Grab. Dan juga rata-rata yang telah didapatkan pada gap analysis sebesar 0.41.

Additional Files

Published

01-04-2023

How to Cite

Arjunandi, B., Naufala, W. Z., Sabani, R., Almutaqin, M. S., & Setiawan, I. (2023). ANALISIS KUALITAS LAYANAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK ITIL V3 DOMAIN SERVICE DESIGN PADA APLIKASI GRAB. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 8(1), 53–57. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.170

Issue

Section

Articles
Abstract View: 552

Most read articles by the same author(s)