PEMANFAATAN METODE ITIL V3 DOMAIN SERVICE DESIGN DALAM MENGANALISIS MANAJEMEN LAYANAN SHOPEE (STUDI KASUS : MAHASISWA UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO)
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.168Keywords:
ITIL V3, Service Design, ShopeeAbstract
Perkembangan industry e-commerce yang cepat di Indonesia dibuktikan dengan banyaknya marketplace dan onlineshop yang muncul secara agresif. Shopee adalah aplikasi e-commerce berbasis mobile yang saat ini sangat berkembang di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalis kualitas manajemen layanan pada aplikasi Shopee dengan membandingkan tingkat kematangan teknologi informasi kondisi sekarang (current Maturity) dan kondisi yang diharapkan (Expected Maturity), hasil akhir penelitian ini berupa analisis gap serta rekomendasi perbaikan pada kualitas layanan TI dengan menggunakan framework ITIL V3 domain service design dengan sub domain design coordination, service catalog, service level management, availability management, service design process, capacity management, dan information security. Data didapatkan dari penebaran kuesioner dengan responden sebanyak 97 orang, dengan kesimpulan rata-rata nilai maturity 3,57 dan masuk kategori Managed and Measurable. Sedangkan nilai rata-rata gap 0,43. Dari hasil tersebut sistem dapat mengukur dan mengawasi setiap prosedur yang ada serta bisa dengan mudah diatasi jika terjadi kesalahan.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Simtek : jurnal sistem informasi dan teknik komputer
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.