PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS DALAM PENENTUAN JURUSAN SISWA SMAN 05 BOMBANA
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v5i2.87Keywords:
SPK, K-Means, Nilai SMAN 05 Bombana, Penentuan JurusanAbstract
SMA 05 Bombana, merupakan salah satu sekolah di Kel. Dongkala Kec. Kabaena Timur Kab. Bombana Sulawesi Tenggara yang mengadakan penjurusan siswa ke dalam 3 jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa. Kendala yang sering ditemukan dalam proses penjurusan di SMAN 05 Bombana yaitu sulitnya menentukan siswa mana yang memenuhi kriteria untuk menempati jurusan tertentu. Hal ini dikarenakan proses penjurusan masih dilakukan dengan manual, sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama dan dinilai kurang tepat. Pada penelitian ini akan diangkat suatu kasus yaitu menganalisa algoritma K-Means untuk sistem pendukung keputusan penjurusan siswa di SMAN 05 Bombana. Algoritma K- Means dapat mengelompokkan (segmentasi) data yang mempunyai atribut dan mempunyai jumlah data yang banyak, sehingga dapat dimanfaatkan dalam sistem penentuan penjurusan siswa yang sesuai dengan kemampuan akademik siswa. Berdasarkan hasil implementasi terhadap algoritma K-Means untuk sistem pendukung keputusan penjurusan, maka kesimpulan yang dapat diambil adalah algoritma K-Means dapat diterapkan dalam sistem pendukung keputusan penjurusan siswa