ANALISIS DAN PERANCANGAN APLIKASI MOBILE PENCARIAN TUKANG SERVIS SERVIS.IN DENGAN METODE USER CENTER DESAIN
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v9i2.404Keywords:
Aplikasi Mobile Servis.In, Servis.in, User Center Design (UCD), FrontEndAbstract
Teknologi informasi mengalami pertumbuhan yang pesat, mengubah cara masyarakat berkomunikasi dan berinteraksi dengan dunia di sekitarnya. Aplikasi mobile telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, memudahkan berbagai aktivitas, termasuk pencarian tukang servis yang masih sering dilakukan secara manual dan tidak efisien. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menganalisis aplikasi mobile "Servis.in" menggunakan metode User Centered Design (UCD). Aplikasi ini dirancang hanya pada bagian frontend untuk memberikan pengalaman pengguna yang optimal dalam pencarian tukang servis. Metode penelitian meliputi pendekatan kualitatif dan kuantitatif, serta penggunaan System Usability Scale (SUS) dan analisis data Miles, Huberman, dan Saldana (2014). Hasil penelitian menunjukkan aplikasi "Servis.in" memiliki tingkat kegunaan yang tinggi dengan skor rata-rata 88,93 dari 21 responden. Aplikasi ini efektif dan efisien dalam memenuhi kebutuhan pengguna serta membantu tukang servis memasarkan jasa mereka. Pada penelitian ini, rancangan aplikasi yang dihasilkan hanya sebatas pada frontend aplikasi "Servis.in" yang dioperasikan dalam aplikasi mobile. Untuk mengembangkan aplikasi "Servis.in" menjadi lebih fungsional, disarankan untuk mempertimbangkan pengembangan backend untuk fungsi penuh aplikasi serta mengintegrasikan sistem pembayaran online.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 I Gd Putu Bagus Nugraha Sindhu, Ni Made Satvika Iswari, Helmy Syakh Alam
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.