PEMODELAN CHATBOT REKOMENDASI HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v9i1.371Keywords:
Natural Language Processing, Chatbot, Hotel Recommendation, System Development MethodologyAbstract
Chatbot merupakan program yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan berbasis teks atau suara. Sebagai tren yang semakin populer, chatbot telah digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk ketika kita sedang mencari rekomendasi hotel. Proses pencarian hotel secara tradisional seringkali memakan waktu dan membingungkan, mendorong pengguna untuk mencari alternatif yang lebih efisien. Dalam konteks ini, chatbot dengan Natural Language Processing (NLP) menawarkan solusi yang potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model chatbot untuk membantu mencari rekomendasi hotel dengan menggunakan metode NLP. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis kebutuhan pengguna. Selanjutnya, sistem chatbot dirancang dan diintegrasikan dengan sistem rekomendasi hotel yang ada. Tahap berikutnya adalah pelatihan model NLP menggunakan data teks dari percakapan rekomendasi yang ada dan yang tidak ada dalam database untuk melihat respon. Kinerja chatbot dievaluasi berdasarkan akurasi dalam memahami permintaan pengguna, efisiensi dalam memberikan respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan NLP dalam chatbot dapat mengatasi beberapa masalah dalam proses mencari rekomendasi hotel, dengan chatbot NLP cenderung lebih akurat, cepat dan efisien.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anastasya Simorangkir, Putri Intani Sihite, Cindi Lusia Kiareni, Ressa Priskila, Viktor Handrianus Pranatawijaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.