IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEB PADA TOKO RAJA ALUMINIUM

Authors

  • Rheana Aini Sachira Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Raissa Amanda Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Aninda Muliani Harahap Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v9i1.365

Keywords:

Customer Relationship Management (CRM), Waterfall, UML, CodeIgniter

Abstract

Toko Raja Aluminium merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan aluminium dan kaca, berdiri pada tahun 2010. Beberapa tugas proses bisnis di Toko Raja Aluminium masih dilakukan secara manual. Proses penjualan sebagian besar melibatkan penggunaan spanduk dan rujukan orang ke orang, yang menyebabkan kurangnya informasi produk yang tersedia bagi konsumen. Selama prosedur pemesanan, klien diharuskan mengunjungi bisnis secara langsung, sehingga menimbulkan biaya dan waktu yang signifikan. Pemrosesan data pesanan didokumentasikan dalam tanda terima faktur. Prosedur pemesanan melalui telepon atau WhatsApp kurang efisien karena klien tidak dapat melihat barang dan sering terjadi kesalahan. Sistem belum mengintegrasikan data pelanggan, data produk, dan laporan penjualan selama proses penyimpanan, sehingga berpotensi menimbulkan potensi terhapus atau hilangnya data. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem berbasis web dengan memanfaatkan prinsip Customer Relationship Management (CRM) untuk meningkatkan proses penjualan, pemesanan, layanan pelanggan, serta memudahkan pengelolaan dan penyimpanan data pemesanan, data pelanggan, dan data produk. Selain itu, ini akan menghasilkan laporan penjualan dan meningkatkan akses pelanggan terhadap informasi. Berikan informasi lebih lanjut tentang barang yang dijual. Sistem ini dikembangkan menggunakan metodologi pengembangan air terjun dan alat UML, menggunakan bahasa pemrograman PHP, database MySql, dan Framework CodeIgniter. Menerapkan sistem Customer Relationship Management (CRM) yang dibangun khusus membantu meningkatkan dan mendukung operasi penjualan, pemesanan, dan layanan pelanggan

Additional Files

Published

29-04-2024

How to Cite

Aini Sachira, R., Amanda Putri, R., & Muliani Harahap, A. (2024). IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEB PADA TOKO RAJA ALUMINIUM. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 9(1), 22–31. https://doi.org/10.51876/simtek.v9i1.365

Issue

Section

Articles
Abstract View: 167