ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TEMPAT WISATA DARI KOMENTAR PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM)

Authors

  • Moch Saoki Syahlan STT WASTUKANCANA
  • Dede Irmayanti Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • Syariful Alam Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v8i2.281

Keywords:

Destinasi wisata, Analisis Sentimen, SVM, google maps, Colaboratory

Abstract

Analisis sentimen merupakan salah satu teknik pengolahan data yang dapat digunakan untuk menggali sentimen atau opini yang terkandung dalam ulasan dari pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis sentimen terhadap tempat wisata dari komentar pengunjung dengan menggunakan metode Support Vector Machine, Sehingga nantinya dapat menjadi informasi bagi dinas pariwisata di Purwakarta terhadap peningkatan terhadap destinasi wisata yang ada di purwakarta salah satunya air mancur sri baduga tersebut.

Metode yang digunakan yaitu Support Vector Machine dengan mengumpulkan komentar komentar di Google Maps, kemudian akan di klasifikasikan kedalam tiga kategori sentimen, yaitu Positif, Negatif dan Netral menggunakan Tools Google Colaboratory.

dapat disimpulkan bahwa hasil dari tanggapan masyarakat mengenai wisata taman air mancur sri baduga purwakarta ini dengan hasil komentar positif 872, negatif 156, Dan netral 127 yang telah melewati tahap cleaning dan text preprocessing. Adapun persentase 81% pada akurasi (accuration), 94% pada nilai precision, dan tingkat keberhasilan (recall) 99%. Nilai ini menunjukan bahwa klasifikasi algoritma support vector machine dinilai cukup baik dalam pemrosesan dokumen google maps.

Additional Files

Published

02-10-2023

How to Cite

Syahlan, M. S., Irmayanti, D. ., & Alam, S. (2023). ANALISIS SENTIMEN TERHADAP TEMPAT WISATA DARI KOMENTAR PENGUNJUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM). Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 8(2), 315–319. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i2.281
Abstract View: 334