IMPLEMENTASI METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA SISTEM INFORMASI LAUNDRY MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS WEB (STUDI KASUS : MACAN LAUNDRY PURWAKARTA)

Authors

  • Meylisa Dina Fajarwati Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • M. Agus Sunandar Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana
  • Uus Muhammad Husni Tamyiz Sekolah Tinggi Teknologi Wastukancana

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v8i2.280

Abstract

Perubahan gaya hidup dan tuntutan ekonomi pada zaman modern seperti sekarang ini, macan Laundry adalah salah satu perusahaan yang menyediakan jasa laundry. Dan setiap tahun nya bahan pokok laundry seperti sabun, pewangi, pelicin, dan lain-lain harganya semakin meningkat.

Implementasi sistem informasi laundry, penulis menggunakan metode Waterfall dalam proses pengerjaannya menggunakan Unfiled Model Language (UML) meliputi Use Case Diagram, Activity Diagram, Sequence Diagram dan Class Diagram. Sedangkan untuk bahasa pemrogramman memakai PHP dan databasenya menggunakkan MYSQL.

Hasil implementasi sistem informasi laundry di Macan Laundry Purwakarta ini, admin dapat menolah data mengguakan metode activity based costing, melihat data pelanggan dan melihat pemesanan yang masuk. Dilengkapi fitur login, master data, transaksi, metode ABC, dan laporan. Semua fitur telah diuji fungsionalitasnya menggunakan pengujian Black Box dan dapat berjalan dengan baik.

 

Kata kunci : Laundry, Metode ABC, Pendataan pemesanan, UML, MySQL.

Additional Files

Published

02-10-2023

How to Cite

Meylisa Dina Fajarwati, Sunandar, M. A. ., & Husni Tamyiz, U. M. . (2023). IMPLEMENTASI METODE ACTIVITY BASED COSTING PADA SISTEM INFORMASI LAUNDRY MENGGUNAKAN METODE WATERFALL BERBASIS WEB (STUDI KASUS : MACAN LAUNDRY PURWAKARTA). Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 8(2), 320–326. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i2.280
Abstract View: 455