SISTEM PENGARSIPAN SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA KANTOR SEKRETARIAT DPRD PROVINSI SULAWESI TENGGARA MENGGUNAKAN BORLAND DELPHI 7
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v1i2.21Keywords:
Pengarsipan, Surat Masuk, Surat KeluarAbstract
Administrasi persuratan merupakan kegiatan operasional rutin yang dilakukan oleh setiap personal dalam suatu organisasi atau perkantoran. Pada Kantor Sekretariat DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, dalam pengelolaan arsip data surat masuk dan surat keluar, masih dilakukan secara manual baik dalam pendataan surat, pengarsipan surat dan proses pencarian surat yang terkadang menemui kendala, Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan suatu sistem pengolahan data surat yang sesuai untuk mendukung kelancaran aktifitas pegawai. Sistem Pengarsipan Surat Masuk dan Surat Keluar pada Kantor Sekretariat DPRD, menggunakan metode pengembangan perangkat lunak yaitu metode Prototyping, metode perancangan basis data dengan menggunakan metode ER dan metode perancangan sistem menggunakan DFD. Penelitian ini bertujuan membantu pegawai dalam melakukan pengolahan dan pengarsipan data surat sehingga pencarian surat yang dibutukan lebih cepat.