PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER DI UNIVERSITAS LAMAPPAPOLEONRO

Authors

  • Nur Sakti Universitas Lamappapoleonro
  • Ismail Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v10i2.1698

Keywords:

Augmented Reality, Media Pembelajaran, ADDIE, Jaringan Komputer, Unipol-NetAR

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis Android sebagai media pembelajaran interaktif pada mata kuliah Jaringan Komputer di Universitas Lamappapoleonro. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa semester IV yang mengambil mata kuliah Jaringan Komputer. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, kuesioner tanggapan, dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AR meningkatkan hasil belajar mahasiswa secara signifikan (rata-rata pre-test 61,4; post-test 83,2; N-Gain = 0,56; p < 0,001). Kuesioner menunjukkan respon sangat positif (rata-rata 4,47) terutama pada aspek interaktivitas dan kemudahan penggunaan. Hasil ini mendukung teori pembelajaran multimedia bahwa interaktivitas visual berbasis AR mampu meningkatkan pemahaman konsep abstrak jaringan komputer. Aplikasi yang dihasilkan, Unipol-NetAR, layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif pada pendidikan tinggi.

Additional Files

Published

26-12-2025

How to Cite

Sakti, N., & Ismail, I. (2025). PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER DI UNIVERSITAS LAMAPPAPOLEONRO. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 10(2), 566–571. https://doi.org/10.51876/simtek.v10i2.1698
Abstract View: 3