PENGEMBANGAN APLIKASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA KULIAH JARINGAN KOMPUTER DI UNIVERSITAS LAMAPPAPOLEONRO
DOI:
https://doi.org/10.51876/simtek.v10i2.1698Keywords:
Augmented Reality, Media Pembelajaran, ADDIE, Jaringan Komputer, Unipol-NetARAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi Augmented Reality (AR) berbasis Android sebagai media pembelajaran interaktif pada mata kuliah Jaringan Komputer di Universitas Lamappapoleonro. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 30 mahasiswa semester IV yang mengambil mata kuliah Jaringan Komputer. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, kuesioner tanggapan, dan wawancara semi-terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi AR meningkatkan hasil belajar mahasiswa secara signifikan (rata-rata pre-test 61,4; post-test 83,2; N-Gain = 0,56; p < 0,001). Kuesioner menunjukkan respon sangat positif (rata-rata 4,47) terutama pada aspek interaktivitas dan kemudahan penggunaan. Hasil ini mendukung teori pembelajaran multimedia bahwa interaktivitas visual berbasis AR mampu meningkatkan pemahaman konsep abstrak jaringan komputer. Aplikasi yang dihasilkan, Unipol-NetAR, layak digunakan sebagai media pembelajaran inovatif pada pendidikan tinggi.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nur Sakti, Ismail

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Abstract View: 3







