PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS DALAM PENENTUAN JURUSAN SISWA SMAN 05 BOMBANA

  • Muh Sulkifly Said STMIK CATUR SAKTI KENDARI
  • Yusti Yusti STMIK CATUR SAKTI KENDARI
Keywords: SPK, K-Means, Nilai SMAN 05 Bombana, Penentuan Jurusan

Abstract

SMA 05 Bombana,   merupakan   salah   satu   sekolah di   Kel. Dongkala Kec. Kabaena Timur Kab. Bombana Sulawesi Tenggara yang mengadakan penjurusan  siswa  ke dalam 3 jurusan yaitu IPA, IPS dan Bahasa. Kendala yang sering ditemukan dalam proses penjurusan di SMAN 05 Bombana yaitu sulitnya menentukan  siswa mana yang memenuhi kriteria untuk menempati   jurusan   tertentu. Hal ini   dikarenakan   proses penjurusan  masih  dilakukan  dengan  manual,  sehingga  membutuhkan waktu yang cukup lama dan dinilai kurang tepat. Pada  penelitian  ini  akan  diangkat  suatu  kasus  yaitu  menganalisa  algoritma K-Means untuk sistem pendukung keputusan penjurusan siswa di SMAN 05 Bombana. Algoritma K- Means dapat mengelompokkan  (segmentasi) data yang mempunyai atribut dan mempunyai  jumlah data yang banyak, sehingga dapat dimanfaatkan dalam sistem penentuan penjurusan siswa yang sesuai dengan kemampuan akademik siswa. Berdasarkan  hasil  implementasi terhadap  algoritma  K-Means  untuk  sistem  pendukung keputusan penjurusan, maka   kesimpulan   yang dapat diambil   adalah algoritma K-Means dapat diterapkan dalam sistem pendukung keputusan penjurusan siswa

Published
2020-11-16
How to Cite
Said, M. S., & Yusti, Y. (2020). PENERAPAN ALGORITMA K-MEANS DALAM PENENTUAN JURUSAN SISWA SMAN 05 BOMBANA. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 5(2), 114-122. https://doi.org/10.51876/simtek.v5i2.87
Section
Articles