PREDIKSI LOYALITAS PELANGGAN INDIHOME DENGAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR

  • Ivo Colanus Rally Drajana Universitas Ichsan Gorontalo
Keywords: Telkom, K-Nearest Neighbor, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Perusahaan informasi serta komunikasi penyedia jasa dan jaringan telekomunikasi lengkap di Indonesia adalah Telkom. Telkom merupakan perusahaan yang menyedia[1]kan jasa dalam bidang telekomunikasi terkemuka diindonesia, dengan demikian Telkom wajib memberikan layanan terbaik kepada pelanggannya agar tetap loyal menggunakan produk dari Telkom, salah satunya indihome. Salah satu permasalahan yang dihadapi yang bergerak dibidang penjualan jasa adalah mempertahankan loyalitas pelanggannya Loyalitas pelanggan perlu diprediksi dengan akurat agar dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan. Metode yang digunakan untuk memprediksi loyalitas pelanggan adalah metode  K-Nearest Neighbor (K-NN). Tujuan dari algoritma KNN adalah mengklasifikasikan objek baru berdasarkan atribut dan training data. Prediksi Loyalitas Pelanggan Indihome berdasarkan data Pelanggan algoritma K-NN telah selesai dilakukan. Pada eksperimen algoritma K-NN model terbaik dilihat berdasarkan nilai error terkecil yaitu 0.100, variabel periode 3, validation 10 dan nilai k 9.

 

 

Published
2019-10-23
Section
Articles