SISTEM ABSENSI DIGITAL MAHASISWA TERINTEGRASI ONE FILE CABINET (OFC) UNIVERSITAS HALU OLEO DENGAN RFID BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

  • Adha Mashur Sajiah Universitas Halu Oleo
  • Natalis Ransi Universitas Halu Oleo
  • Jumadil Nangi Universitas Halu Oleo
  • Sandy Suseno Universitas Halu Oleo
Keywords: Absensi, IoT, OFC, RFID, UHO

Abstract

Saat ini Universitas Halu Oleo sebagai universitas terbesar di Sulawesi Tenggara masih menggunakan absensi tradisional pada perkuliahan dengan mahasiswa membubuhkan paraf pada kertas absensi. Hal ini memiliki banyak kekurangan di antaranya absen yang mudah hilang karena sering berpindah tempat, biaya pembelian kertas, cetak, dan proses pemeriksaan dan perangkuman absen sangat lambat. Penelitian ini mengembangkan prototype sistem absensi online berbasis IoT menggunakan NodeMCU dan RFID reader. RFID reader digunakan untuk membaca kartu RFID sedangkan NodeMC mengirimkan data hasil baca tersebut ke sistem Universitas Halu Oleo Online Integrated System (UHO2IS). Selain menggunakan alat prototype tersebut untuk membaca kartu RFID juga sebagai alternatif dapat digunakan smartphone android yang memiliki fitur NFC reader. Sistem hasil absen tersebut dapat dilihat pada aplikasi android. Hasil pengujian menunjukkan bahwa untuk membaca kartu RFID membutuhkan waktu rata-rata 0,43 detik dan mengirimkan data ke server membutuhkan waktu rata-rata 0,93 detik sehingga total waktu melakukan proses absen secara kesulurahan rata-rata adalah 1,36 detik. Waktu yang kurang dari 1,5 detik akan membuat proses absen menjadi lebih efisien.

Published
2022-10-03
How to Cite
Sajiah, A., Ransi, N., Nangi, J., & Suseno, S. (2022). SISTEM ABSENSI DIGITAL MAHASISWA TERINTEGRASI ONE FILE CABINET (OFC) UNIVERSITAS HALU OLEO DENGAN RFID BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 7(2), 139-142. https://doi.org/10.51876/simtek.v7i2.151
Section
Articles