Simtek : jurnal sistem informasi dan teknik komputer https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek <p>Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer mencakup bidang-bidang ilmu teknologi informasi antara lain teknik komputer, ilmu komputer, sistem informasi, komputerisasi akuntansi, manajemen informatika dan teknik elektro.&nbsp;Jurnal Sistem Informasi dan Teknik Komputer&nbsp; diterbitkan dua edisi jurnal dalam satu tahun, yaitu pada bulan April dan Oktober.</p> en-US tomfiq@gmail.com (Andi Patombongi) tomfiq@gmail.com (Andi Patombongi) Mon, 29 Apr 2024 08:07:14 +0000 OJS 3.3.0.9 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 SISTEM INFORMASI PEMESANAN UNTUK REKOMENDASI TIKET TRAVEL MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA CV RIMO TRAVEL BERBASIS WEB https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/363 <p>Tujuan merancang sebuah platform perangkat lunak berbasis website. Sistem ini dirancang untuk memungkinkan pelanggan memesan tiket perjalanan dengan mudah melalui aplikasi web, dengan tujuan meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan serta memastikan kepuasan pelanggan. Permasalahan yang terjadi pada penelitian ini adalah pertama, bagi <em>user</em> pembelian tiket dilakukan dengan cara manual, yaitu dengan mendatangi tempat travel, permasalahan yang sering muncul adalah ketika <em>user </em>yang sudah datang ke tempat atau memesan melalui telepon namun tidak mendapatkan kursi pada jam keberangkatan yang diinginkan. Kedua, bagi perusahaan sangat sulit untuk merekomendasikan dan menginput unit dengan jam keberangkatan dan tujuan mana yang harus direkomendasikan kepada <em>user</em>. Dengan adanya penelitian ini <em>user </em>dapat memilih rute dan jadwal keberangkatan mana yang paling diinginkan tanpa takut kehabisan kursi, serta bagi perusahaan agar mampu menambah armada travel dan dapat mengevaluasi kemungkinan transaksi yang terjadi menggunakan algoritma apriori pada CV Rimo Travel ini.</p> Indira Febiana, Triase Triase, Muhamad Alda Copyright (c) 2024 Indira Febiana, Triase Triase, Muhamad Alda https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/363 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000 ANALISIS SISTEM INFORMASI PENDATAAN KEPENDUDUKAN KAMPUNG ARENG DENGAN MENGGUNAKAN LARAVEL https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/361 <p class="Abstract"><strong><em><span lang="EN-US" style="font-size: 10.0pt; font-family: 'Times New Roman',serif;">Penelitian ini memaparkan analisis, perancangan, dan implementasi situs web pendataan penduduk di Kampung Areng menggunakan Laravel. Tujuannya adalah mengatasi ketidakefisienan dalam pendataan dan meningkatkan akurasi serta efisiensinya. Metodologi melibatkan studi literatur, analisis kebutuhan pengguna, pengembangan, dan pengujian sistem dengan Laravel 10. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam akurasi dan efisiensi pengumpulan data. Abstrak ini menyajikan solusi untuk masalah tersebut, menekankan pentingnya penerapan situs web guna mendukung kebijakan pembangunan daerah. Implementasi teknologi Laravel memberikan kontribusi positif terhadap efektivitas pengumpulan data. Dengan bahasa yang jelas dan ringkas, penelitian ini memberikan pemahaman mendalam tentang pengembangan situs web pendataan kependudukan, fokus pada efisiensi dan akurasi.</span></em></strong></p> Muhammad Putra Rasidin, Hardiansyah Ma’sum Copyright (c) 2024 Muhammad Putra Rasidin, Hardiansyah Ma’sum https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/361 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000 APLIKASI PENERJEMAH BAHASA BATAK TOBA KE BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA BOYER MOORE BERBASIS ANDROID https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/364 <p>Sedikitnya pengetahuan dan minimnya pola pelestarian juga pengetahuan tentang Bahasa Batak Toba di Indonesia menyebabkan bahasa tersebut kurang terjaga kelestarianya terutama bagi para kalangan muda yang terus mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut dikarenakan proses globalisasi dan urbanisasi yang berpotensi memicu terjadinya asimilasi dan akulturasi budaya, terutama didaerah perkotaan. Keadaan tersebut memicu terbentuknya bahasa baru (bahasa gaul) yang lebih disukai terutama oleh kalangan pemuda yang tanpa disadari hal tersebut membuat kita kehilangan identitas sebagai masyarakat yang memiliki suku dan adat istiadat masing – masing dan munculnya sekolah nasional dan internasional yang mewajibkan siswa untuk berkomunikasi menggunakan bahasa asing. Oleh karena itu, perlu adanya pola pembelajaran yang lebih efektif agar Bahasa Batak Toba tetap terjaga kelestariannya. Salah satunya dengan membuat aplikasi penerjemah dari Bahasa Batak Toba ke dalam Bahasa Indonesia dengan menggunakan algoritma Boyer Moore Berbasis Android. Sistem yang dibuat memiliki 100 kosa kata Batak Toba yang nantinya dapat diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia. Aplikasi ini juga dibuat sebagai salah satu penyebaran dan pengenalan Bahasa Batak Toba ke masyarakat luar sehingga Bahasa Batak Toba akan tetap terjaga kelestariannya karena aplikasi penerjemah ini mampu menerjemahkan dari Bahasa Batak Toba ke dalam Bahasa Indonesia atau sebaliknya dengan baik yang didasari acuan kamus Batak Toba-Indonesia yang berlaku.</p> Stephani Silalahi, Rakhmat Kurniawan R, Aidil Halim Lubis Copyright (c) 2024 Stephani Silalahi, Rakhmat Kurniawan R, Aidil Halim Lubis https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/364 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) DALAM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN BERBASIS WEB PADA TOKO RAJA ALUMINIUM https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/365 <p>Toko Raja Aluminium merupakan perusahaan dagang yang bergerak di bidang penjualan aluminium dan kaca, berdiri pada tahun 2010. Beberapa tugas proses bisnis di Toko Raja Aluminium masih dilakukan secara manual. Proses penjualan sebagian besar melibatkan penggunaan spanduk dan rujukan orang ke orang, yang menyebabkan kurangnya informasi produk yang tersedia bagi konsumen. Selama prosedur pemesanan, klien diharuskan mengunjungi bisnis secara langsung, sehingga menimbulkan biaya dan waktu yang signifikan. Pemrosesan data pesanan didokumentasikan dalam tanda terima faktur. Prosedur pemesanan melalui telepon atau WhatsApp kurang efisien karena klien tidak dapat melihat barang dan sering terjadi kesalahan. Sistem belum mengintegrasikan data pelanggan, data produk, dan laporan penjualan selama proses penyimpanan, sehingga berpotensi menimbulkan potensi terhapus atau hilangnya data. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem berbasis <em>web </em>dengan memanfaatkan prinsip <em>Customer Relationship Management</em> (CRM) untuk meningkatkan proses penjualan, pemesanan, layanan pelanggan, serta memudahkan pengelolaan dan penyimpanan data pemesanan, data pelanggan, dan data produk. Selain itu, ini akan menghasilkan laporan penjualan dan meningkatkan akses pelanggan terhadap informasi. Berikan informasi lebih lanjut tentang barang yang dijual. Sistem ini dikembangkan menggunakan metodologi pengembangan air terjun dan alat UML, menggunakan bahasa pemrograman PHP, <em>database</em> MySql, dan <em>Framework</em> <em>CodeIgniter</em>. Menerapkan sistem <em>Customer Relationship Management</em> (CRM) yang dibangun khusus membantu meningkatkan dan mendukung operasi penjualan, pemesanan, dan layanan pelanggan</p> Rheana Aini Sachira, Raissa Amanda Putri, Aninda Muliani Harahap Copyright (c) 2024 Rheana Aini Sachira, Raissa Amanda Putri, Aninda Muliani Harahap https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/365 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PELAYANAN KESEHATAN PADA RUMAH SAKIT LIRA MEDIKA https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/351 <p><em>Rumah sakit adalah organisasi yang menjalankan sektor medis untuk memenuhi kebutuhan&nbsp; kesehatan penduduk setempat. Rumah Sakit hanya dapat berkinerja maksimal jika ditunjang oleh sumber daya yang berkualitas, dan hal ini tidak terlepas dari perkembangan teknologi informasi.</em><em> Tujuan artikel ini untuk </em><em>Rumah Sakit Lira Medika dapat berbagi dan bertukar informasi di dalam&nbsp; rumah sakit serta meningkatkan kualitas layanan rumah sakit, terutama melalui pemanfaatan TI (Teknologi Informasi).</em> <em>Dengan membangun landasan yang solid dari literatur yang telah disaring secara cermat, artikel ini dapat menyajikan pandangan yang terinformasi dan berbasis bukti mengenai strategi yang diterapkan dalam meningkatkan efisiensi serta kualitas pelayanan kesehatan di institusi tersebut.</em> <em>Halaman awal ketika user mengakses website Rumah Sakit Lira Medika terdapat di Menu Beranda, Menu Profil terdapat submenu yaitu profil, visi misi dan penghargaan, Menu Fasilitas. Sistem harus selaras dengan kebutuhan rumah sakit, baik dalam hal pelayanan medis maupun administratif. Implementasi yang baik akan menciptakan efisiensi dalam operasional rumah sakit.</em></p> Wiyan Sukmawati Sukmawati, Evita Agniya Adzima, Annisa Shafira Copyright (c) 2024 Wiyan Sukmawati Sukmawati, Evita Agniya Adzima, Annisa Shafira https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/351 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000 PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI SISTEM DIGITAL PENDIDIKAN HINDU: E-PASRAMAN BERBASIS WEBSITE DI PASRAMAN SEKOLAH MINGGU https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/373 <p><em>Hampir seluruh negara yang ada di dunia pada saat ini telah memasuki dunia teknologi.</em> <em>Memasuki era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini sangat dirasakan akan kebutuhan dan pentingnya penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran, terlebih pada masa pandemi covid-19 saat ini</em><em>. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun sebuah aplikasi e-Pasraman berbasis website guna meningkatkan daya serap dari para siswa atas materi yang diajarkan dan untuk meningkatkan partisipasi aktif dari para siswa, meningkatkan kemampuan belajar mandiri, dan meningkatkan kualitas materi pembelajaran. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan model Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sistem digital pendidikan hindu yang disebut e-Pasraman berbasis website yang terdiri dari&nbsp; halaman About, e-Learning, SINDU, Ujian, Meet, Akademik dan Contact. Pengujian aplikasi dengan menggunakan metode blackbox testing juga dilakukan oleh peneliti dan menghasilkan seluruh fitur yang ada pada aplikasi e-pasraman berbasis web telah sesuai dengan yang diharapkan.</em></p> I Komang Sugiartha, Dw Ayu Agung Indra Swari Copyright (c) 2024 I Komang Sugiartha, Dw Ayu Agung Indra Swari https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/373 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN SISTEM KLASIFIKASI PENDETEKSI SUASANA HATI MUSIK PADA MEDIA SOSIAL TIKTOK MENGGUNAKAN ALGORITMA K-NEAREST NEIGHBOR https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/374 <p><em>Memilih musik latar yang tepat agar sesuai dengan suasana hati yang ingin dicapai dari digagasnya sebuah konten pada aplikasi media sosial TikTok menjadi penting dalam rangka meningkatkan kesadaran akan keberadaan sebuah produk atau jasa. Dalam psikologi musik, Robert Thayer mengemukakan model untuk mendefinisikan suasana hati berdasarkan tingkat stress dan energi. Model yang dikenal dengan model suasana hati Robert Thayer membagi suasana hati menjadi empat kategori: senang, cemas, sedih, dan tenang. MIR menerapkan teknologi data mining untuk mencari, menggali, dan mendeteksi informasi tersirat pada data musik, salah satunya suasana hati. Melalui penelitian ini akan dibangun sebuah sistem klasifikasi menggunakan algoritma K-NN untuk mendeteksi kecenderungan suasana hati musik sehingga membantu kerja kreator konten TikTok dalam memutuskan musik pengiring atau musik latar yang selaras dengan suasana hati yang ingin dicapai melalui konten yang dibuat, serta untuk mengetahui unjuk kerja dari metode klasifikasi.</em></p> Tria Hikmah Fratiwi, I Ketut Suniantara Copyright (c) 2024 Tria Hikmah Fratiwi, I Ketut Suniantara https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/374 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000 PEMODELAN CHATBOT REKOMENDASI HOTEL DENGAN MENGGUNAKAN NATURAL LANGUAGE PROCESSING https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/371 <p>Chatbot merupakan program yang dirancang untuk berinteraksi dengan manusia melalui percakapan berbasis teks atau suara. Sebagai tren yang semakin populer, chatbot telah digunakan dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk ketika kita sedang mencari rekomendasi hotel. Proses pencarian hotel secara tradisional seringkali memakan waktu dan membingungkan, mendorong pengguna untuk mencari alternatif yang lebih efisien. Dalam konteks ini, chatbot dengan Natural Language Processing (NLP) menawarkan solusi yang potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model chatbot untuk membantu mencari rekomendasi hotel dengan menggunakan metode NLP. Pengumpulan data dilakukan melalui analisis kebutuhan pengguna. Selanjutnya, sistem chatbot dirancang dan diintegrasikan dengan sistem rekomendasi hotel yang ada. Tahap berikutnya adalah pelatihan model NLP menggunakan data teks dari percakapan rekomendasi yang ada dan yang tidak ada dalam database untuk melihat respon. Kinerja chatbot dievaluasi berdasarkan akurasi dalam memahami permintaan pengguna, efisiensi dalam memberikan respons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan NLP dalam chatbot dapat mengatasi beberapa masalah dalam proses mencari rekomendasi hotel, dengan chatbot NLP cenderung lebih akurat, cepat dan efisien.</p> Anastasya Simorangkir, Putri Intani Sihite, Cindi Lusia Kiareni, Ressa Priskila, Viktor Handrianus Pranatawijaya Copyright (c) 2024 Anastasya Simorangkir, Putri Intani Sihite, Cindi Lusia Kiareni, Ressa Priskila, Viktor Handrianus Pranatawijaya https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/371 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000 IMPLEMENTASI METODE SCRUM DALAM SISTEM INFORMASI PENJUALAN BERBASIS WEB (STUDI KASUS : TOKO KOPI SINAR) https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/370 <p><em>Pesatnya pertumbuhan warung kopi di Kendari dan sekitarnya mendorong perubahan signifikan dalam pengelolaan dan pelayanan pelanggan. Warung kopi kini tak hanya berfungsi sebagai tempat minum, melainkan juga sebagai pusat pertemuan sosial dan relaksasi. Namun, pertumbuhan ini membawa tantangan dalam menjaga kualitas layanan, efisiensi operasional, dan kepuasan pelanggan. Studi ini berfokus pada Toko Kopi Sinar, yang mengadopsi Aplikasi Kasir Pintar untuk pencatatan transaksi. Meski bermanfaat, aplikasi ini terbatas dalam jumlah transaksi dan fokusnya pada fungsi kasir, menyebabkan antrian panjang saat pemesanan. Untuk mengatasi hal ini, peneliti menerapkan metode SCRUM dalam merancang ulang sistem informasi. SCRUM dipilih karena fleksibilitasnya menangani perubahan kebutuhan dan preferensi pelanggan yang dinamis. Melalui penerapan SCRUM, penelitian ini merancang sistem informasi secara bertahap dengan fokus pada kebutuhan pelanggan dan efisiensi operasional dan juga menggunakan metode use case dan sequence diagram untuk perancangannya. Tujuannya adalah meningkatkan layanan pelanggan, mengoptimalkan manajemen data transaksi, dan meningkatkan efisiensi operasional sesuai perkembangan pasar yang dinamis. Hasilnya berupa berbagai antarmuka termasuk login, admin, kasir, pelanggan, karyawan, menu, pesanan, riwayat pesanan, dan akun. Sistem ini diharapkan mempermudah pelanggan Toko Kopi Sinar dalam memesan dan mempercepat proses antrean</em>.</p> Muhammad Sayid Fadil, Ilin Sukma, Muhammad Erman Bani, Henny Henny Copyright (c) 2024 Muhammad Sayid Fadil, Ilin Sukma, Muhammad Erman Bani, Henny Henny https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0 https://ejournal.catursakti.ac.id/index.php/simtek/article/view/370 Mon, 29 Apr 2024 00:00:00 +0000