SISTEM INFORMASI PELAYANAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DEWI SARTIKA KENDARI

Authors

  • Aliza Dwy Pramesti STMIK Catur Sakti Kendari
  • Gafrun Gafrun STMIK Catur Sakti Kendari

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v4i2.61

Keywords:

Sistem Informasi, Pelayanan Pasien, Database, RS Dewi Sartika Kendari

Abstract

Sistem informasi pelayanan pasien merupakan salah satu bentuk sistem informasi manajemen rumah sakit yang berperan penting dalam peningkatan mutu pelayanan rumah sakit. Sistem informasi pelayanan pasien di Rumah Sakit Umum Dewi Sartika Kendari masih menggunakan sistem manual yaitu penulisan rekam medis dilakukan di atas kertas yang sudah mempunyai format tertentu, kemudian disimpan di dalam map kertas dan map tersebut ditempatkan ke dalam lemari terbuka. Sistem penyimpanan yang digunakan yaitu sistem desentralisasi, dimana rekam medis pasien poliklinik dan rekam medis pasien rawat inap dipisahkan. Alat yang digunakan untuk menggambarkan model sistem adalah berupa diagram alir data (flowchart), diagram konteks, dan data flow diagram (DFD). Serta dalam perancangan basis data menggunakan Entity Relationsip Diagram (ERD). Untuk mengimplementasikan sistem informasi pelayanan pasien ini, dibutuhkan komponen pendukung diantaranya menggunakan yaitu bahasa pemrograman Delphi dan untuk penyimpanan data menggunakan database Microsoft Access. Pada aplikasi ini menghasilkan form data pasien, data dokter, data diagnose, data transaksi data perawat dan data kamar. Perancangan sistem ini diharapkan dapat membantu dan mengatasi permasalahan yang ada sehingga dapat bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan.

Additional Files

Published

23-10-2019

How to Cite

Pramesti, A. D., & Gafrun, G. (2019). SISTEM INFORMASI PELAYANAN PASIEN DI RUMAH SAKIT UMUM DEWI SARTIKA KENDARI. Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 4(2), 127–133. https://doi.org/10.51876/simtek.v4i2.61
Abstract View: 1559

Most read articles by the same author(s)