PEMANFAATAN METODE ITIL V3 DOMAIN SERVICE DESIGN DALAM MENGANALISIS MANAJEMEN LAYANAN SHOPEE (STUDI KASUS : MAHASISWA UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO)

Authors

  • Felinda Aprilia Rahma Student of Information System, Amikom University Purwokerto
  • Maulina Afra Ratnawati Student of Information System, Amikom University Purwokerto
  • Septi Oktaviani Nur Hidayah Student of Information System, Amikom University Purwokerto
  • Faoziyah Fahiya Diniyati Student of Information System, Amikom University Purwokerto
  • Ito Setiawan Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.168

Keywords:

ITIL V3, Service Design, Shopee

Abstract

Perkembangan industry e-commerce yang cepat di Indonesia dibuktikan dengan banyaknya marketplace dan onlineshop yang muncul secara agresif. Shopee adalah aplikasi e-commerce berbasis mobile yang saat ini sangat berkembang di Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalis kualitas manajemen layanan pada aplikasi Shopee dengan  membandingkan tingkat kematangan teknologi informasi kondisi sekarang (current Maturity) dan kondisi yang diharapkan (Expected Maturity), hasil akhir penelitian ini berupa analisis gap serta rekomendasi perbaikan pada kualitas layanan TI dengan menggunakan framework ITIL V3 domain service design dengan sub domain design coordination, service catalog, service level management, availability management, service design process, capacity management, dan information security. Data didapatkan dari penebaran kuesioner dengan responden sebanyak 97 orang, dengan kesimpulan rata-rata nilai maturity 3,57 dan masuk kategori Managed and Measurable. Sedangkan nilai rata-rata gap 0,43. Dari hasil tersebut sistem dapat mengukur dan mengawasi setiap prosedur yang ada serta bisa dengan mudah diatasi jika terjadi kesalahan.

Additional Files

Published

01-04-2023

How to Cite

Rahma, F. A., Ratnawati, M. A., Hidayah, S. O. N., Diniyati, F. F., & Setiawan, I. (2023). PEMANFAATAN METODE ITIL V3 DOMAIN SERVICE DESIGN DALAM MENGANALISIS MANAJEMEN LAYANAN SHOPEE (STUDI KASUS : MAHASISWA UNIVERSITAS AMIKOM PURWOKERTO). Simtek : Jurnal Sistem Informasi Dan Teknik Komputer, 8(1), 47–52. https://doi.org/10.51876/simtek.v8i1.168

Issue

Section

Articles
Abstract View: 622

Most read articles by the same author(s)